Cara Membuat Scrollbar Agar Terlihat Jadi Lebih Menarik

Cara Membuat Scrollbar Agar Terlihat Jadi Lebih Menarik

Cara Membuat Scrollbar Agar Terlihat Jadi Lebih Menarik

Scrollbar di tampilan browser itu bisa di ubah tampilannya menggunakan CSS lho. Gimana caranya? Kali ini Arane akan membagikan tips Cara Membuat Scrollbar Jadi Terlihat Lebih Menarik Menggunakan Scrollbar CSS Generator.


Ada 2 cara untuk membuat scrollbar terlihat lebih menarik, yaitu:

  1. Menulis manual, dengan cara ini kita wajib paham dasar-dasar penulisan CSS terlebih dahulu dan jenis property berserta value yang digunakan. Namun disini saya tidak merekomendasikan cara ini.
  2. Menggunakan tool Scrollbar CSS Generator, cara ini lebih mudah karena hanya perlu memasangnya dengan mudah ke dalam blog.


Langsung saja berikut ini adalah Cara Membuat Scrollbar Agar Terlihat Jadi Lebih Menarik menggunakan toll Scrollbar CSS Generator.


Membuat Scrollbar Terlihat Jadi Lebih Menarik


1. Kunjungi Situs ini https://webkit-scroll-gen.sourceforge.net




2. Kemudian di halaman tersebut akan menampilkan beberapa bagian yaitu live preview, settingan kode Scrollbar CSS Generator dan hasil kode CSS yang nantinya akan kamu tambahkan pada blog atau website kalian.




3. Setelah muncul halaman situs Scrollbar Generatornya, silahkan atur tampilan scrollbar pada bagian Scrollbar CSS Generator dan perubahan akan langsung tampil pada bagian live preview. Contohnya seperti gambar dibawah ini setelah melakukan perubahan pada tampilan scrollbar.




4. Jika scrollbar sudah sesuai dengan keinginan kamu, silahkan salin bagian hasil kode CSS dan kemudian buka halaman Blogger > Theme > Edit HTML lalu tambahkan kode CSS yang sudah di salin tadi tepat sebelum kode </head>




5. Kemudian klik tombol simpan tema. Untuk melihat hasil dari Scrollbar CSS Generator yang Arane edit diatas bisa klik tombol Result dibawah ini.



Demikianlah artikel dari Arane mengenai Cara Membuat Scrollbar Agar Terlihat Jadi Lebih Menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan Semoga bermanfaat.