Cara Mengganti Huruf Partisi Storage Device

Cara Mengganti Huruf Partisi Storage Device



Masalah ini tergolong jarang terjadi, yaitu dimana huruf pada partisi Storage Device tidak berurutan sesuai abjad. Umumnya seperti yang sudah biasa kita lihat huruf partisi Storage Device OS Windows akan dimulai dari C:\ yang berisi system kemudian D:\ dan begitu seterusnya. Namun bukan hal yang mustahil jika huruf partisi ini tidak berurutan.


Seperti yang saya alami kemarin ketika selesai menginstall OS Windows pada PC, huruf paritisinya ada yang tidak berurutan. Huruf partisi dimulai dari C:\ kemudian D:\ dan F:\, dengan begitu huruf partisi E:\ tidak ada. Huruf partisi E:\ ini akan muncul ketika saya menggunakan media eksternal seperti flashdisk dan Storage Device eksternal. Apakah sobat juga pernah mengalami hal serupa?


Untuk lebih jelasnya, contoh huruf partisi Storage Device yang tidak berurutan seperti gambar berikut ini :




Aneh kan? Entahlah saya juga tidak tahu penyebabnya, yang jelas masalah tersebut dapat kita atasi dengan mudah. Untuk mengubah huruf driver pada partisi Storage Device tersebut tidak perlu menggunakan software tertentu.


Berikut Cara Mengganti Huruf Partisi Storage Device


Untuk mengatasi masalah tersebut, kita cukup mengandalkan fitur bawaan yang sudah ada di Windows. Yang kita butuhkan untuk menyelesaikan kasus tersebut adalah dengan membuka jendela Disk Management.


Ada 3 cara untuk menuju ke halaman Disk Management, yaitu : Control Panel, Computer, dan Run. Silakan sobat pilih langkah mana yang paling mudah.


Cara 1


Bagi yang ingin mencoba dari Control Panel, silakan sobat buka Control Panel dari Start > Control Panel. Kemudian dari jendela Control Panel sobat klik pilih Administrative Tools > Computer Management > Storage > Disk Management (Local).




Cara 2


Selanjutnya jika ingin mencoba dari Computer atau This PC (My Computer) silakan sobat klik kanan Computer yang tampil di Desktop atau di jendela Windows Explorer kemudian klik Manage > Storage > Disk Management (Local).




Cara 3


Terakhir untuk menuju ke jendela Disk Management bisa dari Run. Aktifkan Run dengan menekan Windows+R pada keyboard kemudian ketik diskmgmt.msc dan Enter.




Saya anggap sobat saat ini sudah berada di jendela Disk Management menurut salah satu cara di atas. Silakan pada jendela Disk Management sobat pilih drive yang akan diubah hurufnya lalu klik kanan > klik Change Drive Letter and Paths.




Selanjutnya disini sobat perlu klik pilih tombol Change.




Lihat gambar di bawah, nah disitulah kita dapat mengubah huruf drive partisi Storage Device. Klik Ok jika sobat sudah memilih huruf sesuai dengan yang diinginkan.




Akan muncul kotak dialog Warning seperti gambar di bawah, jangan kaget silakan klik Yes saja.




Selesai.


Perlu sobat ketahui juga bahwa kita tidak akan bisa mengganti huruf drive partisi yang didalamnya berisi system, seperti OS Windows. System Windows secara default akan tersimpan di drive C:\.


Oke itulah artikel Cara Mengganti Huruf Partisi Storage Device dicukupkan sampai di sini. Kini huruf drive partisi Storage Device sudah sesuai dengan yang sobat inginkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.