Cara Membuat Unit Iklan AdSense Baru

Cara Membuat Unit Iklan AdSense Baru


Sebelumnya saya ucapkan selamat bagi kamu yang baru saja diterima menjadi publisher Google AdSense. Tutorial ini ditujukan bagi publisher baru yang masih bingung harus melakukan apa ketika berhasil lolos dari review Google AdSense yang membosankan dan melelahkan itu. Jadi bagi yang sudah berpengalaman, saya harapkan bisa memberi masukan jika ada penyampaian yang kurang tepat di artikel ini.


“Akhirnya dapet email penerimaan dari AdSense, trus langkah selanjutnya saya harus ngapain ya?”


Pertanyaan itu selalu terlintas dibenak para blogger yang baru memulai karir sebagai publisher, termasuk saya dulu. Agar tidak ada lagi yang kebingungan, saya akan coba memberikan pencerahan melalui tutorial sederhana ini.


Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja membuat unit iklan AdSense baru. Kenapa? Ya karena inti dari menjadi publisher AdSense adalah menayangkan iklan dan mendapat bayaran dari tayangan tersebut. Kalau iklannya belum dibuat, lalu bagaimana bisa tayang? Kalau tidak ada tayangan, bagaimana bisa menghasilkan uang?


Cara Membuat Ad Units Pertama di Google AdSense

Berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat Ad Units Pertama di Google AdSense.

1. Buka dashboard akun AdSense yang beralamat di

https://www.google.com/adsense.

2. Buka menu Iklan > Menurut Unit Iklan.




3. Disana akan muncul berbagai macam pilihan iklan. Sebagai permulaan, kamu pilih dulu jenis pertama yaitu Iklan Display.




4. Berikan judul pada kotak Nama Unit Iklan. Ini bertujuan agar setiap unit iklan bisa dibedakan satu sama lain dengan mudah. Sebagai contoh kamu isi saja Iklan Banner. Lalu pada ukuran iklan saya sarankan untuk memilih Responsif agar tampilannya secara otomatis disesuaikan berdasarkan ukuran layar pengguna. Sedangkan pada pratinjau iklan display untuk pertama kamu bisa memilih horizontal.



5. Setelah selesai, klik tombol Buat.


6. Kemudian akan muncul kode dari iklan yang baru saja dibuat. Kode inilah yang nantinya akan dipasang ke dalam blog.




7. Setelah sukses, unit iklan baru tersebut akan muncul di dalam daftar Ad Units dengan status New.




Sampai disini kamu telah sukses membuat unit iklan AdSense baru. Lantas langkah selanjutnya seperti apa ya?

Pasanglah iklan tadi ke dalam blog! Untuk tutorial lengkapnya bisa kamu temukan di artikel lanjutan dengan judul Cara Memasang Script Iklan AdSense di Blog.

Semoga sukses!