Cara Pasang Kode Iklan AdSense dan Kumpulan Posisi Penempatannya

Cara Pasang Kode Iklan AdSense dan Kumpulan Posisi Penempatannya

Cara Pasang Kode Iklan AdSense dan Kumpulan Posisi Penempatannya


Artikel ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Unit Iklan AdSense Baru. Setelah kamu memiliki unit iklan pertama, ini saatnya untuk memasangnya di blog agar mulai bisa mendapatkan penghasilan.


Cara Pasang Kode Iklan AdSense

Ada berapa posisi penempatan untuk memasang kode iklan AdSense, berikut tutorialnya.


1. Di Sidebar, Header, dan Footer

1. Buka dashboard AdSense. Arahkan kursor ke nama unit iklan yang sudah dibuat dan pilih Get Code.



2. Kemudian akan muncul kode iklan AdSense. Copy semuanya ya.



3. Pergi ke dashboard Blogger. Akses menu Layout (Tata Letak). Tentukan dimana kamu ingin meletakkan iklannya. Apakah itu di sidebar, header, atau footer. Lalu klik Add a Gadget (Tambahkan Gadget) di area yang sudah dipilih. Dalam Contoh gambar berikut, saya ingin memasang iklan AdSense di bagian sidebar. Maka saya melakukan “Add a Gadget” di area tersebut.




4. Pilih gadget bernama HTML/JavaScript. Simpan kode iklan AdSense yang sudah diambil di kolom yang tersedia lalu klik tombol Save.




2. Di Atas atau Bawah Postingan

Kamu juga bisa meletakan iklannya di atas artikel (bawah judul) atau di bawah artikel sebagai penutup. Caranya berbeda dengan yang pertama karena perlu diedit di kode HTML template.

1. Kode iklan AdSense perlu diparse dulu di halaman berikut ini. Parse Code.

Masukan kode ke kolom yang tersedia dan klik tombol PARSE. Setelah itu kode hasil parse akan muncul. Inilah yang akan kamu pakai.



2. Setelah itu masuk ke dashboard Blogger dan buka menu Theme (Tema).

3. Cari kode <data:post.body/>. Untuk posisi di atas artikel, simpan kode yang sudah di parse tadi “SEBELUM / DI ATASNYA”. Sedangkan untuk posisi di akhir artikel kodenya simpan “SESUDAH / DI BAWAHNYA”. Jangan lupa klik tombol Save theme agar iklan dapat tersimpan.



Biasanya kode <data:post.body/> ada lebih dari satu. Pastikan pilih yang berada di dalam tag kondisional post data:view.isPost. Atau kalau bingung, coba saja semuanya satu persatu. Sekalian sedikit belajar kode HTML juga kan jadinya.


Kalau jarak antara iklan dan isi artikel terlalu dekat, berikan jarak dengan menambahkan tag <p> di depan kode iklan dan </p> di belakang kode iklan.


3. Posisi Lain yang Strategis

Beberapa penempatan iklan yang unik dan meningkatkan CTR sudah saya bahas di artikel yang berbeda. Kamu bisa cek sendiri, diantaranya:

  1. Parallax di Tengah Post
  2. Tengah Postingan
  3. Tengah Postingan Berulang Banyak (multiple)
  4. Pakai Tag Pemanggil Khusus
  5. InFeed Diantara Daftar Postingan Homepage
  6. Kiri Paragraf
  7. Dalam Widget Postingan Populer
  8. Sebelum Atau Sesudah Elemen Tertentu
  9. Setelah Paragraf ke-sekian (bisa ditentukan sendiri)


Pilihan posisinya lumayan beragam kan? Silahkan dicoba satu persatu untuk mendapatkan posisi yang paling pas untuk blog kamu. Itulah cara mengambil dan memasang script iklan AdSense di Blogspot bagi kamu yang baru saja diterima sebagai publisher oleh Google. Terimakasih!